beranda

About me

Minggu, 06 Maret 2016

Pendaftaran SNMPTN 2016/2016

Pendaftaran SNMPTN 2016/2017
www.snmptn.ac.id 2016 -- PMB Jalur SNMPTN, Pendaftaran Online SNMPTN, Cara Pendaftaran SNMPTN, Informasi Pendaftaran SNMPTN, Panduan Pendaftaran Jalur Undangan (SNMPTN), Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, Pendaftaran Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, Jalur Undangan (SNMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Pada kesempatan yang baik ini, admin web akan memberikan sebuah informasi penting mengenai Pendaftaran SNMPTN 2016/2017. Informasi ini ditujukan bagi anda yang akan mengikuti seleksi SNMPTN pada tahun ini. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.


Banyak sekali jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, diantaranya yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, Kerjasama, Utusan Daerah, Beasiswa dan lain-lain. Pada kesempatan ini kita akan membahas jalur SNMPTN.

SNMPTN atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang ditujukan bagi siswa-siswi terbaik dari masing-masing Sekolah dengan ketentuan bahwa putra-putri terbaik tersebut memiliki prestasi akademik yang unggul disetiap semesternya yang ditunjukkan dari nilai rapor mulai dari nilai rapor kelas X sampai nilai rapor kelas XII semester 1 serta prestasi lain yang relevan.

Dari uraian di atas, kita memperoleh suatu makna yaitu (1) hanya siswa-siswi terbaik yang bisa mengikuti seleksi SNMPTN, (2) Seleksi jalur SNMPTN diadakan tanpa ujian tertulis, namun seleksi melalui nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.

Bagi siswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN, maka nanti bisa mengikuti seleksi SBMPTN. Selain itu, bagi siswa yang telah mengikuti seleksi SNMPTN, tetapi pada saat pengumuman SNMPTN dinyatakan tidak lulus, maka bisa juga mengikuti seleksi SBMPTN.

Melihat data statistik dari tahun ke tahun bahwa peserta SNMPTN terus mengalami peningkatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa-siswi Indonesia semakin banyak yang pintar. Ini adalah suatu kemajuan yang positif. Mungkin salah satu keinginan mereka setelah menjadi siswa yang pintar adalah bisa mengikuti seleksi SNMPTN.

Perlu diketahui pula bahwa kuota penerimaan calon mahasiswa baru untuk jalur SNMPTN ini mencapai setengah dari keseluruhan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi. Ini merupakan suatu ketentuan yang telah diputuskan oleh panitia penyelenggara.

Jadi, jalur SNMPTN ini memberikan peluang yang paling besar untuk penerimaan calon mahasiswa baru. Beruntung dan bersyukurlah bagi kalian yang lulus seleksi jalur SNMPTN ini.

Baiklah, langsung saja kita akan membahas informasi-informasi yang berkaitan dengan SNMPTN yang berupa cara pendaftaran SNMPTN, pendaftaran Bidikmisi SNMPTN, persyaratan pendaftaran SNMPTN, jumlah pemilihan program studi dan PTN, kriteria penerimaan, serta daftar nama-nama PTN dalam SNMPTN.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2016/2017

Sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN, sebaiknya anda memperhatikan beberapa persyaratan pendaftaran, baik persyaratan untuk pihak sekolah ataupun untuk siswa. Berikut info selengkapnya.
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA/MAK Negeri ataupun Swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa
  1. Siswa SMA/MA/SMK yang akan lulus sekolah pada tahun 2016
  2. Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya
  3. Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  4. Siswa memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  5. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN
Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SNMPTN 2016/2017
  • Setiap pendaftar paling banyak bisa memilih dua PTN yang diinginkan. Jika pendaftar memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada satu propinsi dengan Sekolah asal. Jika pendaftar memilih satu PTN, maka PTN yang diinginkan bisa di propinsi manapun.
  • Setiap siswa pendaftar paling banyak bisa memilih tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi.
  • Khusus untuk siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan saja
Cara Pendaftaran SNMPTN 2016/2017

Cara mengikuti Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui dua tahapan. Tahap pertama adalah pengisian PDSS oleh kepala sekolah dan verifikasi oleh siswa. Tahap kedua adalah pendaftaran SNMPTN secara online yang dilakukan secara mandiri oleh siswa. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah
  • Akses website resmi pengisian data PDSS, yaitu pdss.snmptn.ac.id
  • Kepala Sekolah melakukan pengisian data siswa pada PDSS dengan klik "halaman sekolah".
  • Selanjutnya akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
  • Kepala sekolah memberikan NISN dan Password kepada masing-masing siswa.
  • Siswa login ke website PDSS menggunakan NISN dan Password tersebut untuk melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisi sebelumnya oleh Kepala Sekolah.
  • Jika siswa tidak melakukan verifikasi data, maka data tersebut dianggap benar.
  • Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN secara online 
Cara Pendaftaran SNMPTN Online Oleh Siswa
  • Akses website resmi pendaftaran SNMPTN online, yaitu web.snmptn.ac.id
  • Siswa login ke alamat website tersebut menggunakan NISN dan Password yang telah didapat dari kepala sekolah.
  • Ketika sudah login, siswa akan diminta untuk mengisi biodata lengkap, memilih PTN, memilih program studi, serta mengunggah pas foto berwarna sesuai dengan ketentuan.
  • Khusus untuk siswa yang mendaftar pada program studi olahraga dan seni, diwajibkan untuk mengupload portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang dimiliki yang telah disyahkan oleh kepala sekolah sesuai dengan pedoman yang ada di www.snmptn.ac.id.
  • Setelah semua data terisi lengkap dan benar, cetaklah kartu tanda peserta SNMPTN 2016
Penting!!!
Tahapan Seleksi SNMPTN 2016/2017

Untuk siswa yang telah mendaftar SNMPTN, maka akan diseleksi dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama yang diurutkan berdasarkan pilihan program studi yang dipilih.
  • Untuk siswa yang mendaftar pada dua PTN, jika siswa tersebut dinyatakan tidak lulus pada PTN pertama, maka siswa tersebut bisa mengikuti seleksi pada PTN kedua berdasarkan pilihan program studi yang dipilih dan ketersediaan kuota penerimaan.
Kriteria Penerimaan SNMPTN 2016/2017
  • Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan terkait
  • Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus ujian SNMPTN
  • Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi pilihan
Prinsip Seleksi SNMPTN 2016/2017
  • Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapordan prestasi-prestasi akademik lainnya,
  • Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah,
  • Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN
sumber

Tidak ada komentar: